Kopitiam / Kedai Kopi Kok Tong (Pematang Siantar); Kopi & Roti Kaya yang Benar!

Yaaa, setelah kecewa, kecewa dan kecewaaaa (pake “a” yang banyak) dengan kopitiam yang ada di Surabaya, akhirnya.. ke kedai kopi yang menjual kopi dan roti kaya yang benar!!

Namanya Kok Tong, di Jalan Sutomo 97, Jalan Cipto 115 dan Jalan Surabaya. Semuanya di kota Pematang Siantar, Sumatra.

Kok Tong ini adalah usaha perkopian yang dirintis ama Lin Tee Kee pada tahun 1925, turun ke anaknya yang bernama Lin Kok Tom, dan kini diteruskan kepada Djamin Halim dan Paimin (wuiiik.. namanya Jawa bener, yak?). 

Ditangan generasi ke 3 inilah, si Kok Tong melebarkan sayap (emangnya burung) hingga ke Medan. Tapi aku, icipin kopi robusta hasil perkebunan rakyat kecamatan Raya Siantar (Simalungun) ini di kota aslinya, Pematang Siantar:

Tempatnya hanya seperti depot gitu deh kalo di Jawa, terbuka, tidak pake AC tapi ada beberapa kipas angin dan sebuah TV layar datar *uhuiii* (ssst, chanel TV-nya loh film-film cartoon tapi semuanya pada serius dan khidmat menonton!). Agak suram juga sih. Diujung, ada sebuah dapur terbuka yang bisa diintip kapan saja. Ada fotonya, tapi malas upload ah. Dapurnya berantakan!

Dan ada yang aku suka dari dapur ini:

Teko air kopiii! Wekekekekkk, sudah lama sekali aku ga liat teko ini (terakhir lihat tahun 2005 di Ambon). Jadi, cukup menyenangkan melihatnya kembali, hehe. Teko ini, untuk merebus air panas yang nantinya akan dipake untuk melarutkan bubuk kopi, menjadi minuman-minuman yang kita pesan:

Kopi susu nih. Dan rasanya maniiis (omg.. Sumaterrra, minuman kalian bener2 terlalu manis buat lidahku), hingga akhirnya ditambah air. Tapi overall, nice! Wekekekkk dan naga diperut dijinakkan dengan yang juga khas kopitiam, roti kaya!

Dan seteeeelah sekian lama ngerundel karena ga nemu selai kaya (srikaya) yang enak, oh… yang ini bener-bener enak! Koki2 kopitiam di Jawa yang bikin kaya, kalia seharusnya belajar dulu ke Pematang Siantar, gimana caranya bikin roti kaya sebelum buka kedaiiii!

Alternatif lain untuk menikmati kopi dan roti kaya adalah di: kopitiam / kedai kopi Sedap, Jalan Sutomo 97, Pematang Siantar.

Share

Post to Twitter