Sedap Kopitiam / Kedai Kopi (Pematang Siantar); Ini Baru Jempolan!

Sebenernya, aku mau mampir ke Roti Ganda yang maha terkenal di Pematang Siantar (gile aja tuh toko roti, antriannya sampe keluar toko!). Tapi karena males antri, akhirnya aku milih ke sebuah kopitiam/ kedai kopi disebelahnya, namanya SEDAP, Jalan Sutomo no 97, Pematang Siantar:

Sama seperti tempat lainnya di kota Pematang Siantar, tempat ini juga tutup sekitar jam 7 malam. Aku ngopi sambil liatin pemiliknya beresein kedai, tuh.. (bahkan pintunya sudah mulai ditutup). Tapi bersyukur, kita-kita masih dilayani dengan baik dan ramah.

Pesanan kita khas kedai kopi: es kopi, es kopi susu dan roti kaya:

Kopi yang ini, lebih terasa dibandingkan kopi yang dari kedai kopi Kok Tong, yang sama-sama di kota Pematang Siantar. Komposisi antara kopi, air, gula (dan susu), passs banget! Jadi, kopinya berasa! Engga melulu rasa susu / gula.

Apakah mungkin karena yang racik kopi (kerabat?) pemilik kedai, ya?

Dan rotinya, uhuiii..

Rotinya beda dengan Kok Tong yang hanya pakai roti tawar Sari Roti (hadeeeh..) dan dibakar dengan pemanggang listrik. Yang ini, rotinya roti tempo dulu yang bentuknya seperti bus ituloh. Rotinya dipotong manual, dipanggang dipanggangan arang dan kemudian dioles selai kaya yang rasanya-pun lebih mantab daripada Kok Tong, wakakakak!

Saking mantabnya, aku sampe iseng tanya apakah di selai dijual. Eh, ternyata iya *praise the Lord!*:

Ada kemasan 1 kilo, setengah kilo dan 200 gram, tahan 1 bulan didalam kulkas (maklum.. tanpa pengawet dan buatan rumah).

Bubuk kopinya juga dijual dalam kemasan 250 gram dan 1 kilo. Aku beli juga! Hahaha, soalnya kalo mau nitip dengan kawan yang berangkat ke Siantar, lama.. bo! Jadi lebih baik beli, beli, beli :D.

Sekalian icipin minuman soda botolan bermerk Badak, minuman khas Pematang Siantar yang konon adalah minuman soda tertua di Indonesia:

Share

Post to Twitter