Lemang Asli Batok (Tebing Tinggi); Si Legit..

Sekalian deh, walau perut sudah kenyang tapi karena engga mau rugi binti kuciwa, mumpung sudah sampai di Tebing Tinggi, aku mampir beli snack khas-nya, Lemang!

Lemang adalah makanan yang terbuat dari beras ketan yang yang dimasak dalam seruas bambu, setelah sebelumnya digulung dengan selembar daun dan diletakkan diatas bara api hingga matang.

Di Jalan KH. Ahmad Dahlan (konon jalan ini dikenal juga sebagai jalan “Tjong A Fie”?), kota Tebing Tinggi-lah kita menghentikan mobil dan mendapati deretan penjual lemang ini:

Semuanya berteriak sambil menjulurkan bumbung bambu ke kita! Wakkks!!! Dan karena bingung ga jelas, akhirnya kita malah berjalan ke toko listrik *nah lo*, bukan buat beli kabel, tapi buat tanpa merk lemang yang enak, hahahaha!!!

Dan seorang abang disana memberi tahu bahwa lemang merk BATOK adalah yang paling jempolan. OK, akhirnya kita kesana:

Lokasinya, malah tepat dipinggir mobil kita parkir (hadeh.. haha, karena ga tahu, kita sempet jalan jauh bener tuh ke toko listrik :p) dan dinamai “Batok” karena katanya lemang ini dibakar dengan api arang batok kelapa.

Mereka punya sample lemang yang akan diberikan cuma-cuma kepada calon pembeli untuk diicip (disajikan diatas daun  pisang, ditemani dengan selai kaya). Dan setiap kali pembeli sudah sepakat untuk membeli lemangnya, barulah mereka ambil bumbung bambu berisi lemang untuk mereka pecah untuk keluarkan isinya:

Rasanya legit! Sepertinya, dimasak dengan air santan. Dan dari beberapa web yang aku baca, sebenarnya lemang ini adalah makanan special, yang pada beberapa tempat dijadikan makanan khas lebaran. Bersyukurlah aku, yang engga kudu menunggu lebaran datang untuk mencobanya, hehe..

Share

Post to Twitter