http://www.asepharyono.com/ Memuat Artikel Hasil Plagiat!

Tulisan si Asep Haryono di web pribadinya ini, adalah original tulisan saya yang telah dia modifikasi penataan paragrafnya (silakan dicocokan) dan ditambahin SATU BARIS SAJA tulisan yang aseli punya dia. Dan hal ini, menurut Wikipedia tetap dikategorikan sebagai tindakan “plagiarisme“:

Plagiarisme atau sering disebut plagiat adalah penjiplakan atau pengambilan karangan, pendapat, dan sebagainya dari orang lain dan menjadikannya seolah karangan dan pendapat sendiri. Plagiat dapat dianggap sebagai tindak pidana karena mencuri hak cipta orang lain. Di dunia pendidikan, pelaku plagiarisme dapat mendapat hukuman berat seperti dikeluarkan dari sekolah/universitas. Pelaku plagiat disebut sebagai plagiator.

Dalam buku Bahasa Indonesia: Sebuah Pengantar Penulisan Ilmiah, Felicia Utorodewo dkk. menggolongkan hal-hal berikut sebagai tindakan plagiarisme:

  • Mengakui tulisan orang lain sebagai tulisan sendiri,
  • Mengakui gagasan orang lain sebagai pemikiran sendiri
  • Mengakui temuan orang lain sebagai kepunyaan sendiri
  • Mengakui karya kelompok sebagai kepunyaan atau hasil sendiri,
  • Menyajikan tulisan yang sama dalam kesempatan yang berbeda tanpa menyebutkan asal-usulnya
  • Meringkas dan memparafrasekan (mengutip tak langsung) tanpa menyebutkan sumbernya, dan
  • Meringkas dan memparafrasekan dengan menyebut sumbernya, tetapi rangkaian kalimat dan pilihan katanya masih terlalu sama dengan sumbernya.

Dan atas usaha kerasnya mengubah urutan letak paragraf plus menambahkan sebuah kalimat original bikinan Asep Haryono, maka dia mencantumkan namanya, sebagai penulis *tepuk tangan*.

Hebatnya lagi, Asep Haryono ini sepertinya menjunjung tinggi hak cipta (sama seperti saya), dengan me-non-aktif-kan “right click”:

Bahkan mengajak orang untuk menghargai hak cipta:

Nah, untuk menghargai segala kehebatannya itulah, maka dengan bangga saya menjadikan dia sebagai penghuni pertama “WALL OF SHAME”, yang baru saja saya buat beberapa menit yang lalu *selamat, ya!*.

Terima kasih kepada Asep Haryono, yang telah memberi saya inspirasi dan semangat besar untuk membuat new category di web saya. Terima kasih juga loh, karena sudah (terpaksa?) mengakui bahwa foto yang Asep Haryono upload adalah hasil foto saya (karena ada nama saya disana dan susah diedit?).

Dan kalau benar apa kata web counter saya, bahwa dalam sehari ada 200an pengunjung mendatangi alamat ini, maka dengan demikian semoga niat mulia saya untuk menjadikan Asep Haryono lebih terkenal (monggo.. sekalian ditengok videonya Asep Haryono disini), segera terwujud. Amen.

Semoga sukses, Asep Haryono *shake hand*! Dan sering-seringlah main kemari, ya. Siapa tau nanti Asep Haryono menemukan materi lain yang bisa dicopy-paste *wink*.

____

Eh, malam ini (jam 23.12), seorang kawan memberi tahu bahwa nama saya sudah dicantumkan Asep Haryono diakhir tulisan yang dia contek dari saya. Ga ada permintaan maaf, ato apa kek. Pengecut. Tulisan complain saya di guestbook juga di delete *hooooray*.

Nah, terpaksa saya upload bukti baru:

UNTUNG saya cerdas, sudah menyiapkan segala sesuatunya sejak awal. Kan kalo bukti ini engga ada, saya bisa dikenain pasal pencemaran nama baik: nuduh tanpa bukti.

Oh ya, SEMUA PERBUATAN ASEP SUDAH SAYA CAPTURE, mulai awal hingga akhir, sehingga semua tuduhan saya mendasar dan bisa dibuktikan, walau Asep Haryono bilang, “Yang saya ingat adalah mencomot naskah orang lain, dan meng “edit” nya sehingga tidak mirip atau tidak terlalu mirip dari sumber aselinya. Orang bilang sih inspirasi atau memperkaya materi, namun tetap saja itu adalah tindakan menjiplak karya orang lain atau plagiat seperti yang orang tuduhkan kepada saya.

Oh really? Mencari inspirasi kok menyalin total tulisan orang, komplet dengan tanda baca dan foto! INGAT, BUKTINYA ADA loh Asep.. *ck ck ck*.

Duh Asep Haryono, kamu bener-bener cari masalah dengan orang yang salah, wakakakakakkkk… :p

PS: ikuti perkembangannya (disini)

Share

Post to Twitter