Bakso Gondhol (Malang); Bakso Babi, Loh!

Malang memang terkenal dengan baksonya. Tapi yang satu ini, menurutku adalah bakso paling OK yang (sementara ini) aku temukan. Bakso Gondhol, namanya. Di Jalan S. Priyo Sudharmo 35, Kav. 10, Malang.

Tempatnya hanya ruko biasa saja tapi seringnya penuh sepanjang waktu, terutama pada jam makan. Padahal yang dijual ya hanya bakso dan gorengan saja, tidak ada menu lain (walau pada papan namanya ada tulisan “Chinese Food”):

Dan begitu datang, kita langsung aja antri di depan penjualnya:

Antri? Ya, antri! Hehe..

Pesan saja apa yang kita mau. Ada bakso halus, bakso kasar, siomay dan gorengan. Sambal dan saus, juga potongan daun bawangnya disediakan berlimpah di meja pesan:

Kita dipersilakan ambil sesuka hati. Sedangkan kecap manis dan cuka, disediakan disetiap meja.

Dan inilah pesananku:

Baksonya empuk, beda banget dengan bakso sapi biasa yang warnanya agak keabu-abuan itu. terasa bahwa daging baksonya diberi bumbu. Siomaynya sama saja dengan si bakso kasar, tapi dibungkus kulit pangsit rebus.

Tentunya, perlu tambahan sedikit irisan daun bawang yang ditaburkan dikuah (juga sedikit sambal), agar lebih sedap:

Btw, kuahnya sedap banget loh/ Jarang2 aku suka kuah bakso, tapi yang ini kuahnya gurih sekali (entah karena MSG ato kaldunya emang jempolan neh, haha!). Aduh, seporsi ga mungkin cukup! Tapi karena kenyang, akhirnya kita beli beberapa untuk dibawa pulang.

Gorengannya? Ada 2 macam. Yang dibungkus kulit pangsit dan polosan:

Aku suka yang polosan. Cobain, deh!

Tapi.. ada gosip bahwa bakso yang ini, dibikin pake babi (mungkin karena rasa kuahnya yang begitu gurih, demikian pula dengan baksonya yang putih dan agak kemerahan dibagian dalam). Namanya gossip, errr.. aku sendiri ga tahu kebenarannya yah. Tapi menurutku sih ini emang bakso babi, deh.

Share

Post to Twitter