Sate Padang Surya Gemilang (Surabaya); Laris!

Di Jalan Ngagel Jaya Selatan, Surabaya.. ada PKL yang laris bener deh kalo malam. Namanya, Surya Gemilang. Jualannya adalah aneka masakan Padang, komplet mulai dari nasi Padangnya, martabak, gado-gado, sampe sate.

Nah, satenya inilah yang akan aku bahas (kalo dulu kan fokus di nasi Padangnya.. hehe).

Agak memalukan, ehm, karena setelah hidup 20an tahun, barulah aku kenal dengan yang namanya sate Padang. Kenalnya dimana? Ya disini ini! Jadi, walaupun ini bukanlah sate Padang terenak yang pernah aku makan, tapi tempat ini cukup bersejarah *halah*.

Tempat ini seringnya terselimuti asap dari si sate! Soalnya, terus saja ada yang pesan satenya. Jadi, ratusan tusuk sate ini dapat dipastikan akan habis sebelum tengah malam:

Ada sate daging, sate lidah, sate jerohan, campur, aduh.. apa aja deh. Dan sate-sate itu baru dibakar jika ada yang memesan:

Seperti sate Padang lainnya, sate daging sapi ini biasanya ditemani dengan ketupat, kemudian disiram dengan bumbu satenya yang lembut seperti cream itu:

Yang mau sensasi berbeda, ada keripik singkongnya juga asik jadi teman makan sate Padang! Aku saat di Medan ga melihat sate-sate Padang disana disajikan dengan keripik, tapi disini ada keripik singkong berbumbu yang dijual tersendiri untuk teman makan sate:

Aku ga bilang ini sebagai Sate Padang yang enakkk, yah. Tapi OK, lah.. (soalnya deket rumah), hehe.

Share

Post to Twitter