Roti In (Surabaya); Toko Roti Kuno, Dahulu Bernama Tjwan Bo

Siapa yang tidak kenal Roti In, alias Tjwan Bo?

Dulunya, toko rotinya berada di Jalan Basuki Rahmat 31, Surabaya. Namun kini, tokonya sudah tidak ada, berganti ke Jalan Jemursari 128-130, Surabaya:

Mulai jam 7am (atau jam 6am, yah?), toko ini sudah mulai menjual roti-rotinya. Menurutku pribadi, roti yang dijual di Roti In agak kasar, harganya juga relatif murah.

Dan ada 5 jenis produknya yang aku suka: roti goreng sosis, roti krenten, horn/ cum cum, sausagebrood dan si donat ini:

Donatnya unik, hanya pake topping meses dan gula putih saja. Aku suka keduanya. Disediakan dalam size kecil dan besar, keduanya sama enaknya. Sekali beli, kita bisa borong abis-abisan. Kadang, dibuat oleh-oleh sepupuku yang di Malang. Mereka lebih prefer dioleh-olehi donat ini daripada J-Co. Bukan karena ndeso, tapi emang karena donatnya yumm.

Nah, kalo roti tawarnya ini, OK dibuat roti panggang dengan selai kaya a’la kopitiam Medan:

Sedangkan kue taart ini, sering jadi ‘penyelamat’ saat mendadak butuh kue taart, haha:

Kue taartnya kue kuno, engga seperti kue jaman sekarang yang dilayer dengan cream ini itu. Pernah, aku kasihkan ke anak teman Mami yang masih SD. Eh, anak-anak itu suka, loh! Soalnya mereka jarang makan kue seperti itu, haha *melas*.

Roti krentennya, adalah produk Roti In yang paling famous! Opaku dulu-dulu sering bela-belain ke Surabaya cuma untuk beli roti krenten itu. Omaku, bahkan sampe saat di RS karena sakit (dan tidak lama kemudian meninggal), masih minta dibeliin roti krenten Roti In.

Sayang, aku engga ada fotonya. Ntar deh, kapan-kapan aku lengkapin.

Share

Post to Twitter