Bakso Goen (Surabaya); Dengan Kompor Mini di Tiap Meja

Kalo kalian ke Plasa Marina, Surabaya, kemungkinan akan menemukan tempat makan bakso bernama Goen.

Tempat ini, menjual aneka bakso (bakso ayam, bakso sapi halus, bakso urat sapi, bakso udang) dan kawan-kawannya: bakso goreng cumi, bakso goreng udang, bakso goreng sapi, mie, bihun, sayur, kulit tahu, gorengan, siomay goreng, siomay dan banyak lagi, deh! Semuanya ditata rapi seperti di XO Suki, pengunjung dipersilakan mengambil sendiri apa saja yang mereka inginkan, kemudian membayar di kasir.  Sayang, ‘proses’ ini tidak boleh difoto (dan pernah kena masalah gara2 nekad memfoto *grin*: fotonya disuruh dihapus T__T).

Kemudian, bakso dipersilakan dibawa sendiri ke meja yang dipilih. Nanti, ada pelayan yang datang membawa panci berisi kuah bakso untuk ditempatkan diatas kompor yang mereka nyalakan:

Mau hanya kuahnya saja yang dipanaskan, atau baksonya ikut direbus, silakan.. Suka-suka kalian saja. Kalo aku, lebih suka baksonya direbus agar panas dan bakteri-bakteri ga jelasnya mati ti ti tiiii…

Bawang goreng, potongan daun bawang dan trio sambal-kecap manis-saus tomat akan diantar ke meja:

Selanjutnya?

Ya silakan racik sendiri, gimana cara makan bakso yang dimau. Untukku, rasa baksonya biasa banget (cenderung hambar) tapi idenya  mengenai cara berjualan perlu dijempolin. Engga terpikir sebelumnya, untuk menjual bakso dengan cara seperti itu.

Share

Post to Twitter