Kompleks Candi Panataran – 5 (Blitar); Halaman Tengah

Tibalah aku di halaman tengah dan eeeh, disambut dengan sepasang 2 Dwarapala lagi euy!

Setelah aku Googling, aha.. rupanya aku baru saja bertemu dengan penjaga Halaman Tengah Kompleks Candi Panataran, Blitar!

Halaman tengah

Memasuki halaman kedua dari Candi Penataran, terdapat dua buah arca Dwarapala dalam ukuran yang lebih kecil dibanding Dwarapala pintu masuk candi.

Seperti pada arca Dwarapala di pintu masuk, Dwarapala ini pun pada lapik arcanya juga terpahat angka tahun, tertulis tahun 1214 Saka atau 1319 Masehi, setahun lebih tua dibanding Dwarapala di pintu masuk, juga berasal dari zaman Raja Jayanegara.

Halaman tengah atau halaman kedua ini terbagi menjadi dua bagian oleh tembok bata yang membujur arah percandian di tengah halaman. Tembok tersebut sekarang hanya tinggal pondasinya saja yang masih terlihat.

Pada bagian timur laut ada enam buah sisa bangunan dari batu maupun dari bata. Tiga buah tinggal sisanya berupa pondasi dari bata, dua buah berupa batur dan sebuah lagi berupa candi tanpa penutup di atasnya.

Batur pertama terbuat dari batu bercampur bata dengan ukuran lebih besar dibanding batur satunya yang khusus terbuat dari batu (taken from here).

Pondasi bata

Masih dalam lingkungan halaman tengah, terdapat sebuah pondasi dari bata yang terkesan menghadap barat daya, diketahui dari bidang menjorok ke sisi barat daya dan membentuk suatu pintu masuk. Lokasinya terletak di sebelah timur candi.

Bagian barat daya terdapat dua buah sisa bangunan, yaitu sebuah pondasi dari bata berukuran 10 x 20 meter dan sebuah lagi berdenah bujur sangkar yang memiliki ciri-ciri sama dengan salah satu pondasi di bagian timur laut. Pada bagian sudut barat halaman ini terdapat sekumpulan ambang pintu yang terlepas dari bangunan aslinya.

Pada ambang-ambang pintu itu beberapa di antaranya memuat angka tahun yang masih dapat terbaca dengan jelas, yaitu tahun 1245 Saka, 1294 Saka, 1295 Saka, dan dua buah lagi berangka tahun sama yaitu 1301 Saka.

Ada dua buah arca Dwarapala lagi dengan angka tahun 1242 Saka terletak di pintu masuk ke halaman ketiga yang mungkin bekas sebuah gapura paduraksa, karena dekat tempat itu terdapat reruntuhan sebuah pintu yang berangka tahun 1240 Saka (taken from here).

Hyuuuk, dibaca page lainnya:

  • Kompleks Candi Panataran – 1 (Blitar); Duh, Wow Banget Deh!
  • Kompleks Candi Panataran – 2 (Blitar); Halaman Depan
  • Kompleks Candi Panataran – 3 (Blitar); Bale Agung
  • Kompleks Candi Panataran – 4 (Blitar); Pendopo Teras
  • Kompleks Candi Panataran – 5 (Blitar); Halaman Tengah
  • Kompleks Candi Panataran – 6 (Blitar); Candi Angka Tahun/ Brawijaya/ Ganesha
  • Kompleks Candi Panataran – 7 (Blitar); Candi Naga
  • Kompleks Candi Panataran – 8 (Blitar); Prasasti Palah
  • Kompleks Candi Panataran – 9 (Blitar); Reruntuhan Puncak Candi(?)
  • Kompleks Candi Panataran – 10 (Blitar); Candi Utama!
  • Kompleks Candi Panataran – 11 (Blitar); Kolam Sumber Air
Share

Post to Twitter