Serabi Solo Asli (Surabaya); The Best Serabi Solo!

Kalo lagi ke daerah Margorejo, aku akan dengan senang hati mampir ke Supermarket Papaya! Selain karena di supermarket itu ada banyak hal-hal yang bisa kita beli *oooh, no!*.. didepannya ada deretan penjual jajanan.

Salah satunya, adalah penjual serabi solo ini:

Inilah serabi solo paliiiiiing enak yang aku tahu, di Surabaya! Ga percaya? Lihat saja penampakannya:

Penjualnya menge-claim bahwa serabi ini bener-bener pakai resep kuno asli Solo. Ah, pantasan saja serabi ini larisnya bukan main! Ga pernah dia ada ‘stock’ yang nampang di etalase. Setelah selesai bikin, langsung ada aja yang borong. Bahkan aku saat kesana weekend lalu, kudu menunggu beberapa saat.

Oh, tentu saja aku ga keberatan karena dengan demikian, aku bisa foto cara pembuatannya untuk kalian, haha:

 

Serabi ini dibuat diatas wajan khusus. Dulunya, mereka menggunakan arang yang diipit (/dikipasi). Namun dengan kemajuan teknologi dan jaman, kini bara arang datang dari kompor gas khusus, sehingga penjualnya ga perlu kipas-kipas lagi. Nah, diatas arang panas itulah wajan-wajan itu dijajarkan dan dituangi adonan:

Ada 2 adonan, yang pertama adalah adonan ‘badannya’ dan kemudian sesaat kemudian, adonan kedua dituangkan. Sepertinya adalah santan kental (eh, correct me if I’m wrong!) yang membuat serabi ini menjadi demikian gurih dan moist saat matang.

Soal rasa? I’ve told you my dear, this is the besssst serabi Solo ever! Cobain deh. Dijual eceran/ 1 dos isi 5. Ada yang original, engga pake topping. Tapi ada juga yang pake topping nangka (biasanya ini kesukaanku tapi waktu aku beli ini, nangkanya lagi habis), coklat, dsb.

Highly recommended!

 

Share

Post to Twitter