Jazz Traffic 2013 (Surabaya); Seru!

Hari Minggu kemarin (24 November 2013), Surabaya punya gawe keren: Jazz Traffic!

Jazz Traffic 2013 (Surabaya)

Berlokasi di Grand City Mall, Surabaya, acara ini berlangsung hampir seharian lo! Yak, mulai siang.. kita sudah dimanjakan dengan aneka pilihan yang serba jazz. Aku sih mulai bergabung sekitar jam 6pm, itupun pake muter dulu cari parkiran (bayangin.. baru dapat parkiran di lantai 7B euy!) dan makan dulu haha (biar ga masuk angin :p).

Dan gara2 2 hal itu, aku ketinggalan menikmati penampilan Andien (suerrrr.. sampe sekarang masih berasa menyesal euy!), tapi untung saja.. sempat menikmati penampilan Raisa:

Jazz Traffic 2013 (Surabaya)

Penampilan Raisa dalam Djarum Super Mild Jazz Traffic Festival 2013 yang digelar Suara Surabaya mampu membius ribuan penonton yang memenuhi outdoor area parkir Grand City, Surabaya.

Sebelum Raisa tampil, penonton yang dominan kaum muda sudah memenuhi area parkir Grand City, bahkan mereka rela berjubel untuk maju mendekat ke panggung, untuk mengambil gambar Raisa lewat gadget masing-masing.

Dalam penampilannya di Djarum Super Mild Jazz Traffic Festival 2013, Raisa sempat membawakan beberapa komposisi diantaranya Cepat Pulang Cepat Kembali yang dipopulerkan Marcell beberapa waktu lalu.

Begitu Raisa membawakan lagu itu, ribuan penonton tanpa dikomando langsung menyanyikan lagu secara bersama-sama.

Saesudah Raisa mengakhiri penampilannya, para penonton Djarum Super Mild Jazz Traffic Festival 2013 seperti tidak ingin kehilangan momen, karena mereka langsung menyerbu Exhibition Hall Grand City, untuk menyaksikan penampilan Barry Likumahua Project (BLP) yang kebetulan penampilannya bersamaan dengan penampilan Raisa.

Beberapa penonton rela berlarian untuk menyaksikan BLP, karena mereka tidak ingin ketinggalan menyaksikan beberapa komposisi yang dibawakan BLP dalam Djarum Super Mild Jazz Traffic Festival 2013 .

Penampilan Raisa di Djarum Super Mild Jazz Traffic Festival 2013 kemudian disusul dengan penampilan Rio Sidik Quartet Musisi Jazz asal Kenjeran, Surabaya yang akan tampil dengan beberapa komposisi andalannya termasuk permainan terompet-nya, yang dikenal sangat memukau, seperti waktu tampil dengan Hajarbleh Big Band, Minggu (24/11/2013) siang di JTF 2013 (taken form here).

 

Jazz Traffic 2013 (Surabaya) Jazz Traffic 2013 (Surabaya)

Segala kekhawatiranku mengenai konser jenis festival, tidak terjadi. Penontonnya sangat santun, ga ada acara desak-desakan dan saling senggol yang memicu adu jotos. Semuanya tertib, berdiri dengan jarak yang cukup nyaman sambil sesekali bergoyang dan bernyanyi bersama. Menyenangkan! Bahkan aku dan kawan-kawanku pun bisa mengambil foto dengan tenang diantara sekian ribu penikmat jazz:

P1190961

Setelah Raisa selesai menyanyikan deretan lagu populernya, kita berpindah tempat ke indoor. Ya kalo mau tetap di outdoor, bakalan ada penampilan. Saat itu, ada beberapa pilihan sih, kalo ga salah antara

Namun akhirnya aku memilih untuk meninggalkan Exhibition Hall dan menuju ke lantai 3, menjumpai Balawan di Convention Hall:

Jazz Traffic 2013 (Surabaya)

Dan setelah antri sejam didepan pintu raksasa Convention Hall yang tertutup, aku baru ngeh kalo Balawan sudah bubarrr *dodol!!!*. Jadi, kita pun akhirnya bertemu dengan LLW, group music jazz yang menggabungkan rap itu:

Jazz Traffic 2013 (Surabaya) Jazz Traffic 2013 (Surabaya)

Jazz Traffic 2013 (Surabaya)

Btw, eits.. siapa itu yang berbaju putih? Haha, ada yang bisa mengenali Indra Lesmana? Yeah! Jangan heran, Indra Lesmana emang pentolan group LLW:

Jazz Traffic 2013 (Surabaya) Jazz Traffic 2013 (Surabaya) Jazz Traffic 2013 (Surabaya) Jazz Traffic 2013 (Surabaya)

Dan malam itu, si Indra mengajak serta anak pertamanya, Eva Celia, untuk sepanggung bersamanya:

Jazz Traffic 2013 (Surabaya)

Ada yang belum tahu kalo si Eva ini ternyata juga pinter menyanyi seperti papa – mamanya? Ah, segeralah Googling! Nih anak ternyata suaranya cakep, secakep dirinya euy..

Jazz Traffic 2013 (Surabaya)

Sangat Sophia Latjuba banget ya, wajahnya? Jadi, sekilas aku seperti melihat Indra lagi sepanggung dengan Sophia sih, wkwkwk..

  Jazz Traffic 2013 (Surabaya)

Dan menyenangkan sekali melihat bapak dan anak ini sepanggung bersama, bahkan sedikit terharu melihat mereka *melo-nya keluar deh*. Yeah, dulu kan si Eva masih baby, fotonya sliweran dan kemudian sempat ‘hilang’ karena diboyong Mamanya ke US, kemudian tau-tau aja udah gede (maklum, aku jarang liat infotainment) dan bisa kolaborasi bareng bapaknya. Ah, so sweet! Bahkan mereka beberapa kali kedapatan sedang berbicara menggunakan “bahasa mata” bapak dan anak <3.

Kolaborasi ayah dan anak yakni Indra Lesmana dalam grup LLW dan Eva Cellia menjadi penampilan terakhir Djarum Supermild Jazz Traffic Festival 2013 di Convention Hall Grand City Surabaya.

LLW featuring Eva Cellia menyanyikan beberapa lagu di antaranya lagu berjudul Ups and Down yang ada di album pertama LLW. Disusul lagu Oultranation yang mengkolaborasikan Eva dengan sentuhan rapper dari LLW.

Selain itu, berbeda dengan penampilannya di Jazz Traffic Festival sebelumnya, kali ini tampil dengan formasi baru. Indra lesmana didampingi dengan Raffi yang berperan sebagai penggebuk drum dan Chairis yang berperan sebagai rapper. Tak ketinggalan Barry Likumahua yang juga setia memberikan sentuhan betotan bass pada aransemen musik jazz LLW.

Salah satu lagu yang dinyanyikan LLW yakni lagu yang ditujukan pada beberapa musisi jazz dengan maksud untuk memberikan tribute pada musisi indonesia yang banyak memberikan support dan dedikasi pada musik jazz Indonesia.

LLW merupakan salah satu musisi yang paling ditunggu-tunggu ratusan penonton. Ini terbukti dengan dipadatinya ruang Convention Hall ini dengan ratusan penonton saat LLW mulai tampil (taken from here).

Tapi aku memutuskan untuk tidak berlama-lama menikmati LLW karena tergoda oleh keriuhan diluar sono. Yeah, Glenn sudah diatas panggung.. sodara-sodara!!!

Jazz Traffic 2013 (Surabaya)

Dibandingkan dengan LLW yang jazz banget, si Glenn ini ringan banget deh (dan lagu-lagunya pun lebih familiar). Belum apa-apa, kawanku sudah mulai menggerakkan badannya dan ikut menyanyi.

Nyong Ambon ini pun sempat menyapa kita dengan memuji kebersihan Surabaya dan walikotanya yang super (yeaaah.. we love you Bu Risma!!!):

Menurut Glenn, waktu menyapa penonton Djarum Super Mild Jazz Traffic Festival 2013 yang digelar Suara Surabaya, di outdoor Area Parkir Grand City Mall, Surabaya merupakan kota luar biasa.

“Surabaya ini sekarang sedang dikenal dengan kebersihan dan keindahannya. Kalau di Jakarta ada Pak Jokowi di Surabaya ada Bu Risma orang-orang luar biasa yang membuat kotanya lebih baik dan luar biasa seperti penonton Djarum Super Mild Jazz Traffic Festival 2013 yang tetap setia menyaksikan sampai malam ini,” ujar Glenn dari atas panggung, Minggu (24/11/2013).

Glenn dalam penampilannya sempat memancing para penonton dengan kata kunci “Januari”. Mendengar ucapan Glenn ini, para penonton Djarum Super Mild Jazz Traffic Festival 2013 langsung riuh dan berharap lagu Januari dibawakan Glenn Fredly, tapi ternyata Glenn membawakan lagu lain yang iramanya juga sendu Kisah Tak Berujung yang populer sekitar 3-4 tahun lalu.

Lagi-lagi di sela penampilannya, Glenn menyapa para penonton Djarum Super Mild Jazz Traffic Festival 2013 dengan mengatakan sangat terhormat, karena diminta tampil jadi musisi penutup dalam kegiatan Djarum Super Mild Jazz Traffic Festival 2013.

“Saya senang sekali dipercaya untuk menutup rangkaian Djarum Super Mild Jazz Traffic Festival 2013, ini keren seperti penampilan kalian semua malam ini,” sapa Glenn.

Dalam sapaannya, Glenn mengatakan dia akhir-akhir ini memang sengaja jarang tampil di televisi, karena dia lebih aktif dikanal-kanal media sosial seperti Youtube dan Media Sosial yang ada di internet.

“Untuk lebih meningkatkan eksistensi saya bersama beberapa musisi indie lainnya, tahun depan saya akan merilis sebuah kanal, musikbagus.org,” ucapnya.

Penampilan Glenn Fredly disambut sangat meriah para penonton Djarum Super Mild Jazz Traffic Festival 2013, khususnya waktu tampil bersama Tiara musisi asal Surabaya dan membawakan lagu Malaikat Tak Bersayap secara duet (taken from here).

Jazz Traffic 2013 (Surabaya)

Jazz Traffic 2013 (Surabaya)

Jazz Traffic 2013 (Surabaya) Jazz Traffic 2013 (Surabaya) Jazz Traffic 2013 (Surabaya) Jazz Traffic 2013 (Surabaya)

Tapi lagi-lagi aku kudu segera bergegas meninggalkan tempat. Sudah hampir jam 12 malem euy, si Cinderella takut berubah wujud *gubrakkk!!!*, haha! Aku masih kudu menyimpan tenaga buat ngantor, lah (sempat heran deh kenapa acara ginian diadakan hari Minggu, bukannya Sabtu :p). Jadi, kita pun menuju ke lantai 7B tempat mobil kita terparkir manis.

Langsung pulang? Engga, dong! Haha, kita masih sempat berlama-lama diparkiran, memfotoi kota Surabaya yang tampak damai malam itu, sambil sayup-sayup terdengar suara Glenn masih menyanyi di atas panggung berkilau Jazz Traffoc 2013:

Jazz Traffic 2013 (Surabaya) Jazz Traffic 2013 (Surabaya) Jazz Traffic 2013 (Surabaya) Jazz Traffic 2013 (Surabaya)

Kapok? Engga! Padahal aku sempat masuk angin akut loh. Maklum orang rumahan *apa???*, haha :p.

Dan sesaat sebelum tidur, aku sempat menulis di FB, memuji acara tahunan(?) ini. Menurutku, acara ini bisa dibilang sukses walau jadwal acara rada molor dan acak adut (karena katanya neh.. ada masalah dengan sound sistem). Kawanku yang lain menambahkan, acara ini kurang informasi mengenai tiket dan cara masuknya. Bener juga! Tapi tadi pas aku Gooling, aku menemukan artikel ini:

1. Kwitansi yang anda sudah pegang selanjutnya bisa anda tukarkan di bagian penukaran tiket yang ada di lantai bawah Grand City. Di stand ini anda akan segera mendapatkan sebuah tiket yang selanjutnya bisa anda gunakan untuk masuk.

2. Selanjutnya, silahkan tiket yang sudah anda pegang lantas anda antarkan ke pintu masuk. Di sini, anda akan mendapatkan sebuah stempel di tangan. Dengan stempel ini, anda sudah bisa keluar masuk area Jazz Traffic. “Kebiasaan orang surabaya itu, kalau sore pulang dulu untuk mandi. Dengan stempel ini, mereka bisa kembali lagi ke sini,” kata Wahyu Widodo, Direktur Usaha Suara Surabaya media.

3. Dengan tiket ini pula, anda juga bisa menukarkannya secara gratis dengan satu bungkus Djarum Super MLD.

4. Dan bagi anda yang belum membeli tiket, maka panitia juga telah menyediakan loket khusus. Khusus hari ini, tiket dijual Rp300.000. Dan jika anda belum membeli, buruan datang ke Grand City Surabaya (taken from here).

Yeah, semoga tahun depan bakalan ada Jazz Traffic lagi. Semoga bisa ikut nonton lagi! Hohoho <3.

Share

Post to Twitter