Timur, Barat, Utara, Selatan, Astaga..

Kadang aku bingung yah, kalo lagi semi tersesat di jalan.. lalu tanya petunjuk arah ke orang dan dijawab “Sampean jalan 5 meter ke timur lalu sampean terus saja, sampai ada pertigaan, lalu belok ke selatan, bla bla bla”.

Jreng?! Timur itu dimana, selatan itu dimananya lagi? Kalo pagi, mungkin masih bisa aku lihat dari arah bayangan. Lha kalo malem?

Lagian, timur yang dimaksud tuh.. timur dari tempatnya berdiri atau timur berdasarkan kompas sebenarnya? Bisa juga kan maksud dia, “timur” adalah nama lain dari “kanan”, “barat” adalah nama lain dari “kiri” (jika orang tersebut mengandaikan dirinya ‘selalu’ menghadap utara seperti standar arah pada peta?).

Dan masih untung kalo cuma pake istilah timur, barat, utara, selatan. Kadang aku masih bisa bayangin. Tapi kalo udah pake tenggara, barat laut, waaaa…. *menyerah!*

Kalo udah gitu, kadang aku iya-iya aja, say thanks dan buruan ngabrit, cari orang lain yang bisa pake istilah lebih sederhana buat otakku, sambil ngedumel didalam hati: apa sih susahnya bilang “Sampean jalan 5 meter ke kiri lalu sampean terus saja, sampai ada pertigaan, kemudian belok ke kanan, bla bla bla”?

Haiyaaa..

Share

Post to Twitter