Warung Pecel Margo Rukun (Prigen – Pasuruan); Warung Nostalgia

Hayo, siapa yang langsung nostalgia melihat papan nama ini?

Yang di sekitaran Malang dan Surabaya, (ternyata) banyak yang punya memori di Warung Pecel Margo Rukun di Jalan Raya Palembon, Tretes:

Tempat makannya cukup luas dan lapang dengan beberapa meja kursi kayu yang memberi kesan hangat, diruangan yang dikelilingi jendela kaca. Sayang, jendelanya kurang bisa dibuka lebar sehingga udara segarnya kurang bebas masuk (tapi kebayang juga kalau jendelanya bisa dibuka lebar, ada anak yang iseng lompat, eeea..).

Buka dari sekitar jam 6 pagi hingga jam 2 siang (kalau weekend: buka sampai jam 4 sore), tempat ini menyajikan pemandangan yang sudah ‘kotor’ kena beberapa penampakan atap rumah/ villa, namun jika beruntung.. kalian bisa makan sambil memandang indahnya kabut pegunungan.

Menu? Cuma 2 saja!

Pertama, Nasi Pecel + Empal Goreng:

Pecelnya tuh sayurnya sembunyi tertimbun saus kacang yang khas Margo Rukun banget. 2-3 lembar rempeyek kacang (engga ada opsi lain) hadir kruntelan di piring makan dan saaangat menggoda!

Hmm, aku ga sampe kepikir foto sayurnya (karena lapar), lagipula empalnya lebih menggoda untuk karnivor sepertiku:

Tuh empal, luuuuar biasa!!! Empal wuuuuenak, pokoknya. Rasanya gurih dan teksturnya kenyal tapi empuk. Minta empal yang baru digoreng ya, biar bahagianya tuh maksimal.

Dan saking sukanya dengan si empal, sampai-sampai aku pesan Rawon Empal (bukan rawon biasa dengan potongan daging sapi):

 

Oh ya, Rawon adalah menu kedua dari tempat ini. Jadi, kalo engga mau Pecel, maka opsinya adalah Rawon.

Seporsi rawon hadir ditemani dengan kecambah muda dan sambal yang keduanya ditempatkan ditempat terpisah.

Agar makin syahdu *halah*, aku hadirkan telur asin sekalian lah:

Tuh, telur asinnya yahud! Masirrr..

Buyar dah diet dimusim hujan yang dingin semriwing ini…………………

Harga? Engga horror, monggo disimak:

Btw, ada juga jajanan pasar dan lauk tambahan untuk Pecel/ Rawon/ sekedar dimakan dengan nasi putih, seperti: Tempe Goreng, Telur Goreng (dadar/ mata sapi), dll. Intip saja etalase makanannya sambil tanya-tanya.

Awas kalap :p.

Share

Post to Twitter