Babi Guling Bu Ketut (Surabaya); I Want to Go Back There!

Setelah dikecewakan oleh sebuah tempat makan di Surabaya yang menyajikan babi guling a’la Bali, aku sempat lama ‘puasa’ makan babi guling. Kalo ga salah, aku terakhir makan babi guling tuh April tahun lalu, hehe *melas pol*. Di Bu Oka *mantaaab*, haha!

Dan seorang kawan, tadi pagi mengenalkanku dengan tempat makan Babi Guling Bu Ketut, di Jalan Joyoboyo No. 44, Surabaya:

Well, tempatnya suram. Temboknya sudah lama tidak dioles cat, bahkan menurutku rumah yang digunakan sebagai tempat makan ini kotor. Tapi dengan cepat perhatian terpecah, gara2 melihat si Miss Piggy sedang terpejam didalam etalase kaca (aslinya sih kasihan banget liat babinya):

Hmm, kepalanya gede juga loh! Dan kulitnya sudah banyak yang dikelupas. Dagingnya nampak tebal dan minyak mengalir ke nampan yang menjadi alas kepala babi ini. Dibawah rak kepala babi, ada jajaran piring berisi aneka lauk pendamping babi guling:

Jadi, nantinya.. nasi babi gulingnya akan mirip nasi campur, hanya saja yang dicampur adalah nasi, dengan topping daging babi, hati babi, usus babi goreng, sayur, sosis babi, potongan kulit babi, sate babi dan sambal:

Dan nasi babi guling ini nantinya akan disajikan ke meja, ditemani dengan semangkuk kecil kuah kaldu babi (yeah.. dari tadi serba babi mulu, super haram deh pokoknya :p), tambahan sambal *optional* dan rambak kulit babi *optional*:

Yummm!! Saat nasi dicampur dengan semua lauknya dan diberi si kuah kaldu lalu dimakan dengan kerupuk rambak babi super gurihnya, wow.. not bad, Bu Ketut! Hahaha :p. Dan berikut ini adalah daftar menu dan harganya:

Rasanya besok pagi aku kudu balik sana, deh!

Share

Post to Twitter