Rujak Soto Banyuwangi (Surabaya); Wah, Ternyata Aku Doyan!

Ada seorang kawan merekomendasi tempat ini, beberapa kali. Tapi aku engga langsung begitu saja kesana. Sampai akhirnya, memang punya mood ke depot Rujak Soto Banyuwangi, Jalan Ngagel Jaya Barat 5, Surabaya:

Ya hanya depot sederhana dengan beberapa meja dan kursi plastik. Meja tempat makanku tadi malah bergoyang-goyang *engga lagi gempa, loh!*. Pendinginnya hanya kipas angin saja tapi saat makan siang, wow.. ramenya, bo! Hampir semua meja penuh, looo..

Sebelumnya, sudah pernah kesana sih, sebelumnya. Tapi hanya makan menu-menu biasa, sedangkan menu super andalannya, rujak soto Banyuwangi, baru aku pesan tadi siang:

Wah, mangkoknya padat sekali! Jadi, semua kerupuk dan emping belinjo itu ‘terpaksa’ dipergikan dahulu, supaya aku bisa tahu gimana bentuk rujak soto-nya:

Wah, menggoda! Isinya ternyata beneran rujak cingur yang disiram kuah soto daging! Karena itulah, namanya “Rujak Soto”. Dan Banyuwangi, adalah daerah asal ditemukannya makanan unik ini.

Kacangnya digerus kasar sehingga tekstur kacangnya sangat terasa. Ada sayur kangkung dan taoge rebus, irisan mentimun segar, potongan lontong, tempe yang digoreng garing dan tipis sehingga kriuk-kriuk saat dimakan, juga tahu goreng yang dipotong kecil-kecil. Walau makanan ini adalah hasil mengawinkan rujak cingur dengan soto daging, ternyata ga ada cingurnya loh! Sebagai gantinya, rujak soto ini menggunakan daging babat. Baru kemudian, disiram dengan kuah soto yang gurih dan panas.

Seperti kebanyakan soto daging, pastinya ada daun seledri dan bawang goreng. Nah, kuah rujak soto inipun diberi rajangan daun seledri dan bawang goreng.

Rasanya? Saat pertama makan, rasanya seperti makan kuah kacang. Tapi pada sendokan kedua, lidah sudah bersahabat! Aku menyukai ‘perkawinan’ rujak dan soto ini. Rasanya gurih! Gurih soto dengan petis yang dipakai di rujak, juga kacangnya, pas sekali! Recommended!

Untuk minumnya, jangan ragu pesan es kolak! Aslinya, es kolak ini menggunakan kacang ijo juga, tapi aku request kolak tanpa kacang ijo. Kolaknya bener2 uuuenak:

Tersedia juga menu2 kecil yang yummy:

Juga tahu – tempe Banyuwangi:

Share

Post to Twitter