Mbok Pesek (Blitar); Tempat Makannya Wapres Budiono

Sudah diprotes nih, kelamaan ga review makanan, hahaha! OK, OK.. langsung aku posting tempat makan disebuah daerah Kanigoro, Blitar. Tepatnya di Jalan Raya Manukwari, Satrian, Blitar. Bentuknya, hanyalah bangunan dengan dinding bambu yang di cat warna hijau. Namanya, Warung Prasmanan Mbok Pesek:

Kenapa ini yang dipilih untuk direview pertama kali, setelah sekian lama puasa review tempat makan? Karena konon.. warung kecil ini adalah tempat makannya Wapres Budiono jika berkunjung ke Blitar! Nah looo..

Entah benar atau tidak (sorry ya Pak Wapres, kalo info ini salah..) tapi warung ini beneran laris manis bin bejubel! Orang datang silih berganti mengisi setiap kursi kosong yang ada, bahkan beberapa diantaranya rela makan sampai berdiri *jreng jrengggg*:

Konsepnya sederhana: makan prasmanan. Bayarnya? Belakangan! Jadi, pembeli datang aja, ambil nasi sepuasnya, ambil lauk sesukanya, lalu makan dulu. Abis kenyang, baru deh ‘laporan’ ke kasir:

Lah? Kalo ga jujur? Ato kelupaan? Sepertinya Mbok Pesek berpositif thinking dengan prinsip “Percaya”. Dan ternyata OK aja, tuh. Terbukti, sudah 3 tahun cara ini diterapkan dan si Mbok sepertinya makin lama makin sejahtera, warungnya pun juga makin dikenal.

Nah, bicara soal makanan.. Si Mbok menyediakan aneka masakan Jawa:

Hebatnya, semua dalam keadaan panas!

Bukan karena disajikan diatas nampan yang dilengkapi dengan api, loh! Tapi bener-bener masih pake cara sederhana: pelayannya menaruh nampan baru tiap 30-45 menit dan mengambil yang lama, untuk ditambah lauk, sekaligus dipanasi. Wow! Bukan tanpa sebab. Soalnya, makanan yang disediakan mayoritas berkuah santan yang rentan mudah menjadi bau kalau sering diaduk dan dibiarkan agak lama.

Karena aku kurang suka kuah santan, maka menu makan siangku agak ‘garing':

Cuma nasi putih, ayam panggang, super sedikit bumbu santan sekenanya (ambil sembarangan) dan semangkok sayur bening. Yum! Dan ternyata, walau ‘garing’ gini, rasanya emang OK! Beneran! Tanteku aja yang diet abadi, tiba-tiba lupa daratan! Hahaha, dia makan banyak banget, sampe geleng2 sendiri, wekekkk :p.

Dan disebelah kanan warung, ada an open kitchen! Aha, rupanya dari sanalah semua makanan itu berasal. Aku (dan Mamiku), termasuk beruntung, bisa bertemu dengan Mbok Peseknya (yang ternyata engga pesek), haha:

Dia lagi memasak! Waaah, padahal kalau dilihat-lihat, si Mbok sampun sepuh, loh. Tapi sehat dan aktif banget, weh.. kaget dan kagum, jadinya!

Dan saat akhirnya kita ke kasir untuk ‘mengaku dosa’, kaget2 lagi deh! Masa makan ber 5, dengan lauk ayam panggang, sayur bening, sayur tumis, ikan nila seekor, ikan patin setengah ekor, lalu 3 perkedel, 5 es jeruk, nasi segunung dan 7 gelas minuman, cuman abis 50 ribuan???! Mami sampe suruh kasirnya itung ulang loh! Dan hasilnya sama @___@, weh..

Recommended!

Share

Post to Twitter